Minggu, 15 Juli 2012

Asyiknya Diet Kantong Plastik.. :)

0



Berawal dari mengikuti workshop pada hari Sabtu, 14 Juli 2012 kemarin yang diselenggarakan I-Green UMS sekaligus penetapan hari lahirnya I-Green UMS tentang lingkungan hidup yang di isi oleh dua Pembicara yang mereka adalah aktivis lingkungan dan salah satunya ialah dari anggota earth hour solo, timbul rasa kepedulian terhadap lingkungan yang pada awalnya hanya simpati dan kali ini aku ingin ber empati.

karena berbicara tentang lingkungan, maka pembahasan tak jauh-jauh dari lingkungan yaitu mengenai sampah, sampah plastik khususnya yang di pandu oleh Ibu Ismi, beliau adalah aktivis lingkungan hijau yang mempunyai desa binaan di Kota Semarang dan berkat sampah beliau bisa mngelilingi Indonesia. Berkat sampah pula dapat menghasilkan uang hingga produk limbah yang beliau kelola sudah di ekspor ke beberapa Negara.  Wow.. Salut buat Bu Ismi…


Tak jauh berbeda dengan pembicara kedua yaitu ia biasa dipanggil dengan sebutan Mz Bias. Ia adalah anggota Earth Hour Solo. Dalam pembahasannya mengenai Earth Hour yaitu penghematan energi listrik dengan mematikan lampu sebagai bentuk simbolisasi penggunaan listrik secukupnya saja. Selain berbicara tentang earth hour, ia mengajak peserta workshop untuk ikut kampanye Diet Kantong Plastik di area CarFreeDay/CFD besok paginya dengan membawa dua kantong plastik dan ditukarkan dengan Reusable Mob.  Sepertinya menyenangkan…

Keesokan harinya...
“Ha’cih”.. Hapeku bunyi pertanda suara sms.
From Yeni : “bangun..!!”
Aku ingat kalo hari ini CFD, ikut kampanye diet kantong plastik. Rasanya berat buat bangun.. tapi kupaksa bangun dilanjut Sholat Subuh..
brugg… Tidur lagi…. Kebiasaan buruk tidur larut pagi…… (jam 03:00 bukan malam kan? Jadi Larut pagi :D)
Satu jam kemudian terdengar suara yeni memanggil di depan pintu kamar kostku. Aku pikir aku mimpi tapi ternyata it’s really..
Gubrakk.. Aku kesiangan..!!! malu rasanya kamarku terlihat berantakan dan tak biasanya seberantakan ini.. Tumpukan baju yang belum dilimpat, baju kotor dilantai, buku yang berserakan n laptop yang masih menyala tak jelas berdampingan dengan piring. Akibat stress karena hapeku error jadi males beres-beres (ngeles dikit). Oh noo…!! Ini bukan kamar, tapi gudang, bahkan lebih rapih gudang. Ah Tak apalah, lagi pula yeni ini yang lihat.. dia kan kawanku yang pengertian hehe
Lanjut aku bergegas ke Kamar Mandi dan bersiap-siap secepat pelari maraton (Kalo secepat kilat rasanya teralu lebay)..
Siapp.. Let’s go berangkat ke area CFD, seperti biasa menggunakan tunggangan favorit ku dan menjadi kawan sejatiku “si lipat putih” kalo aku menyebutnya. Tak lupa membawa dua kantong plastik untuk menukarkannya Reusable bag n Tumblernya juga tak ketinggalan.

06:15 pagi, hari sudah agak siang bagi peserta CFD dan memang kesiangan, jalan pun sudah dipenuhi kendaraan yang sedikit berkontribusi penyebab terjadinya Global Warming. Dengan cepat aku dan yeni mengayuh sepeda menuju CFD karna tak mau kehabisan Reusable bag sampai-sampai kami harus berlomba mengayuh sepeda, sedikit motivasi agar cepat sampai tujuan…

Akhirnya sampai juga setelah perjalanan yang cukup sangat melelahkan :D. sesampainya di area CFD kami langsung menukar kantong plastik yang kami bawa. Penukaran kantong plastik ini sebagai simbol peralihan gaya menggunakan kantong plastik ke Reusable Bag (tas pakai ulang). Oia, kegiatan kampanye Diet Kantong Plastik (DKD) ini diselenggarakkan oleh DKP Greeneration Indonesia (GI), Earth Hour Solo dan Earth Hour Indonesia dan disebut HeadBag Mob. Solo adalah kota ke empat loh yang melakukan kampanye ini setelah Bandung, Jakarta dan Aceh. Tujuan dari kegiatan ini tak lain tak bukan ialah sebagai bentuk kepedulian pecinta lingkungan dengan adanya sampah plastik yang mulai menggunung dan mengajak masyarakat untuk menggunakan reusable bag atau tas pakai ulang setiap kali belanja.

Berbiacara soal sampah plastik, hampir 700 kantong plastik setiap oarang membuang sampah plastik tiap tahunnya. Kenapa plastik jadi permasalahan ? Jelas, karena plastik salah satu limbah yang sulit diuraikan di tanah. Bahkan mencapai 70 tahun hingga 100 tahun, ada pula yang mengatakan hingga 500 tahun. Waw.. !! bayangin kalo sampah plastik kayak gunung Himalaya. Berapa lama akan terurai.. tak terbayang deh dan yang pasti menimbulkan bencana, salah satunya Banjir, ya walaupun bukan hanya sampah plastik yang menyebabkannya. Tapi coba perhatiin deh, hampir 90% sampah terdiri dari plastik. Iya kan ?? dan sampah laut yang dari daratan pun sekitar 80-90% adalah plastik. Sampah plastik juga merupakan salah satu penyebab terbesar kerusakan ekosistem. Penelitian juga menemukan banyaknya hewan penyu mati karena memakan plastik yang dikiranya adalah ubur-ubur makanannya. Dan masih banyak lagi penelitian tentang kantong plastik.

Kembali ke kegiatan Headmog bag, sesuai prosedur yaitu melukis reusable bag nya dan digunakan di kepala sebagai topeng. Reusable bag aku lukis dengan luksian wajah yang menggunakan earphone pohon menandakan kehijauan bumi ndonesia yang membawa kedamaian seperti mendengarkan musik, tenang dan tanpa beban. Tampak disebelahku beberapa anggota Kopma UMS yang sengaja datang untuk memeriahkan kampanye ini dengan kompak melukis reusable bag mereka dengan berbagai lukisan wajah yang unik dan beragam. 

Makin siang makin ramai lokasi CFD, semakin ramai dengan kehadiran Pak Joko Wi, walikota solo yang sekarang menjadi CaGub DKI yang sengaja hadir untuk memberi sambutan serta Pelepasan Headbag Mob. Dalam sambutan pak Joko Wi, beliau berpesan untuk mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik saat belanja ataupun di rumah dengan kantong kertas atau bahan lainnya yang ramah lingkungan. “Mulai sekarang ucapkan selamat tinggal kantong plastik, selamat datang bumi yang cantik,” begitulah pesan penutup Pak JokoWi.

Setelah sambutan dari Pak JokoWi para peserta berkampanye, berjalan ke arah timur dengan jalan santai, tak lupa membawa poster serta banner yang berisikan pesan penggunaan kantong plastik.

Seruuu bangett…. Berbagai macam gambar wajah yang unik sampai yang aneh membanjiri setengah area CFD…. Tak lupa bernarsis-narsis ria sebagai bentuk dokumentasi maupun berita.. Asiikk masuk berita (Ndeso..!! :D). Tak lupa agenda yang dinanti-nantikan yaitu pembagian doorprise pasca orasi. Wah sayang  kurang beruntung dan menajadi hal yang biasa g pernah dapet doorprise..

Waktu menunjukkan pukul 09:00 pertanda waktu CFD sudah berakhir. Kami sahabat I-Green tak lupa ber-ramah tamah dengan lingkungan mengambil sampah yang berserakan yang tertinggal oleh pemiliknya sepanjang area CFD. 

Finish..!! Jalan sudah mulai di buka dan mesin penyebab Global Warming kembali berekspirasi. Sungguh nelangsa korban seperti aku ini sebagai pengguna sepeda terkena dampak polusi dan bodohnya lupa membawa masker.. huhuuu :'( (Pura-pura sedih). Jadi beralih judul “perjalanan pulang CFD yang nelangsa akibat polusi”…

Ayo Kawan, Diet Kantong Plastik untuk Bumi kita, minimal tidak membuang plastik atau menyimpannya boleh jadi sewaktu waktu akan sangat berguna atau tidak meminta plastik saat kalian berbelanja dengan jumlah sedikit dan memungkinkan ditaruh dalam tas. Atau selalu membawa reusable bag sebagai pengganti kantong plastik. Tidak bisa dipungkiri memang sulitnya meninggalkan kebiasaan menggunakan kantong plastik 100%. Tapi setidaknya ada cara untuk meinimalisir pemakaian kantong plastik dengan memakai ulang plastik (reuse), mengurangi pemakaian plastik (reduce), dan mendaur ulang (recycle).

Kita sama-sama saling ingat n tetep JOS (Jangan Omong Saja), pesan dari Bu Ismi pembicara workshop kemarin..

C_U celoteh malam malam ini.. Bukannya belajar buat UAS malah curhat.. hehee :D.  Akan ku lanjutkan celotehku dalam mimpiku, dan berharap saat terbangun nanti matahari sudah tersenyum di ufuk timur.. ^_^

Berikut ayat tentang menjaga lingkungan dengan sumber Internet :) yang artinya : 

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Q.S Ar Rum : 41)
Katakanlah: "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)". (Q.S Ar Rum : 42)

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

0 komentar :

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut